5 ANIME YANG BISA BIKIN LO PINTER (PART 2)

Posted on

Anime bukan sekedar hiburan, itu bener banget. Anime gak hanya jadi pelepas penat atau hobi aja, tapi bisa dijadiin sarana belajar yang bisa dibilang gampang. Gak butuh penjelasan ruwet tapi dengan alur cerita yang pake istilah gampang dicerna, juga penggambaran situasi sehingga belajar bisa lebih fokus adalah salah satu nilai plus dari anime yang memang punya tema yang berhubungan dengan pendidikan. So, kata siapa nonton anime gak bisa nge upgrade otak? Bisa kok asalkan tau bagian positif mana yang bisa diambil dan dijadikan bahan belajar. Nah di postingan kali ini mimin bakal ngasih rekomendasi lagi nih anime apa aja yang bisa bikin lo pinter. Cekidot!

MOYASHIMON

Anime Bikin Pintar - Moyashimon

Moyashimon ini anime yang menarik banget kalo kata mimin, soalnya ngangkat tema tentang mikroba. Bentuk-bentuk mikrobanya juga pada lucu jadinya kita bakalan excited dan gak gampang bosen. Moyashimon yang tayang taun 2007 ini ceritanya tentang Tadayasu, seorang mahasiswa baru alias maba jurusan agrikultur yang punya kemampuan berkomunikasi dengan mikroba di sekitarnya. Di anime ini kita bakalan diajak buat lebih tau tentang mikroba. Keren banget kan?

DR. STONE

Kalo yang ini mah gak usah diraguin lagi deh. Dr. Stone sendiri udah namatin season keduanya dan masih menjadi anime padat ilmu yang digemari. Kalo sebelumnyadari anime Moyashimon kita bisa mempelajari soal mikroba, lewat Dr. Stone ini belajar fisika jadi jauh lebih gampang dan gampang inget. Gak akan nyesel deh nonton anime ini. Rumus-rumus fisika dijabarin dengan detail tapi dengan cara yang seru. Wajib nonton sih ini mah.

SHIROBAKO

Inilah Sejumlah "Bocoran" dari Film Layar Lebar Shirobako! - KAORI Nusantara

Pengen tau pembuatan anime dari nol sampe selesai diproduksi? Jawabannya bisa kalian dapetin di anime yang satu ini. Yup. Shirobako. Shirobako bakal ngajak kita untuk tau lebih dalem soal anime dan cara pembuatannya. Dari sini kita bisa lebih paham kalo bikin anime itu sama sekali gak gampang kayak bikin mie instan. Mulai dari sketsa, desain karakter, sampe proses dubbing yang bener-bener gak segampang yang kita bayangin. Makanya anime ini bakalan sreg banget deh buat kalian yang tertarik dan pengen tau lebih banyak soal pembuatan anime dari awal sampe akhir.

COMICAL PSYCHOSOMATIC MEDICINE

Satu lagi anime yang menurut mimin unik karena mengangkat tema soal pendidikan di bidang kedokteran, tepatnya bidang kejiwaan atau psikologi. Tayang pada 2015, anime ini emang gak kayak anime lain. Durasinya dikit banget cuma lima menit tapi menarik banget dan kocak. Tokoh utamanya, Ryou Shinnai sehari-hari kudu ngadepin pasien dengan gangguan kejiwaan dan gangguan mental di sebuah klinik kejiwaan. Nah ngadepin pasien-pasien itu ternyata gak gampang. Banyak adegan yang bikin ngakak sekaligus bikin kita tau apa dan gimana itu belajar psikologi. Kece, kan?

SHOKUGEKI NO SOUMA

Terlepas dari genre ecchinya, sebenernya anime Shokugeki no Souma ini super duper mantul buat yang pengen belajar soal kuliner atau tata boga. Gak tanggung-tanggung, di anime ini diperkenalkan semua hal yang berhubungan dengan dunia kuliner. Mulai dari teknik memasak, teknik memotong bahan, estetika makanan, cara memilih bahan berkualitas, sejarah suatu hidangan, sejarah tumbuh-tumbuhan herbal, klasifikasi daging, apa itu umami, mengetahui tekstur makanan yang bagus, sampe bahan apa aja yang boleh dan gak boleh dikombinasikan di suatu hidangan. Gila mantep banget gak tuh?

Dari semua anime yang mimin bahas kali ini, kira-kira anime mana sih yang bikin kalian tertarik buat nonton sekaligus belajar? Kasih tau mimin di kolom komentar ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *